F Cara Setting Kamera Nikon d3100 Terbaru | Helopedia.com

Cara Setting Kamera Nikon d3100 Terbaru

Cara Setting Kamera Nikon d3100 Terbaru - Tulisan ini saya buat tertentu untuk dipakai sebagai acuan/ petunjuk awal waktu kamu pertama kali mengenal DSLR D3100 . Pada awalnya, kamu tidak kudu berpikir berat mengenai fotografi, istilah2, membeli lensa baru dsb. Kalau kamu sudi baca, dalam perkembangan di diri kamu tentu kamu dapat jelas hal itu nantinya. Dari pengalaman dan dari apa yang saya baca dapat saya sederhanakan dalam tulisan ini dan semoga mudah dimengerti bagi kamu yang ingin memulai fotografi terutama bersama dengan D3100.

Memulai foto.

Mau tidak sudi dalam mengoperasikan alat, kamu kudu baca manual book. Yang kudu dibaca adalah:


  1. pengoperasian shooting mode P,S,A,M, portrait, landscape dsb
  2. pengoperasian secara manual untuk membuat perubahan nilai setting  exposure (shutter speed, aperture, ISO)
  3. penguasaan menu Picture Control, Image Quality, White Balance, ISO, Flash, Edit On Camera, Histogram

Persiapan setting kamera untuk memulai foto.

Yang kudu diperhatikan:


  • Setting White Balance sesuai kondisi pencahayaan waktu itu, kecuali kamu ragu menentukan maka setting ke AUTO saja.
  • Image Quality, kecuali kamu ingin main snapshot ganti ke menu JPEG Fine, kecuali kamu ingin leluasa edit kemudian, maka set ke RAW, dan nanti di edit dapat via kamera, dapat via PC bersama dengan software ViewNX2 bawaan kamera.
  • Image Size menentukan yg paling besar. (kalau mengfungsikan RAW, mode ini secara otomatis unavailable)
  • Shooting Mode, untuk saat-saat awal di mana kamu tetap belum jelas kamera, saya khusus menganjurkan kamu mencoba
  1. mode A (diset antara 5.6 dan 8 atau sesuai selera),
  2. P, mode ini juga canggih, untuk “PESTA” atau acara di mana kamu tidak dapat selalu set kamera karena kegiatan dan waktu terbatas.
  3. atau Auto, kecuali sudi sedikit repot pelajari seluruh shooting mode dan analisa hasil fotonya bersama dengan terhubung EXIF dan histogram di komputer.
  • Mode Fokus di set ke AF-Single atau AF-Dynamic,
  • Metering Mode untuk waktu di set ke Matrix saja.
  • Setting ISO di set ke angka 100 bersama dengan auto iso sensitivity di set ke angka max 3200, dan lowest shutter speed 1/30. (maksud lowest shutter speed adalah, misalnya kamera menentukan nilai shutter speed lebih lambat dari nilai selanjutnya maka ISO dapat dinaikkan secara otomatis oleh kamera untuk beroleh exposure yang pas)
  • ADL = Active Dynamic Lighting sebaiknya dimatikan, karena dapat di apply ke foto setelahnya, dapat kamu cobalah sebagai perbandingan bersama dengan dan tanpa ADL sesuai selera. Tapi kecuali kamu aktifkan sebelum foto diambil alih (JPEG mode) maka hasil foto tsb ADLnya tidak dapat di OFFkan, supaya foto kudu re-taken bersama dengan ADL OFF. Ini juga menu canggih Nikon, use it WISELY 😀
  • Video, meskipun dapat 1080p namun hasil dari 720p sudah bagus.
  • Pastikan exposure compensation dalam posisi nol
  • Picture Control di set sesuai selera, kecuali saya lebih condong ke Standard atau Neutral bersama dengan sharpen value tidak lebih dari 5, contrast -1 (syarat ADL kudu OFF)
  • Flash mode di set ke TTL saja untuk sementara.
  • Display mode di checkmark semua, RGB, histogram, dan data.
  • flash shutter speed (kalau tersedia menu ini) di set ke nilai 1/15 atau lebih cepat.
  • color space sRGB
  • Noise Reduction sebaiknya di OFF kecuali setting ISO dibawah 800, di daerah cahaya rendah diset ON kecuali perlu. Teknologi NRnya D3100 serupa bersama dengan D7000, use it WISELY 😀


Cara singkat untuk memfoto orang


  1. background jangan amat dekat kecuali kenakan flash.
  2. untuk background bokeh, set focal length kamera maksimum, nilai bukaan serendahnya yang dapat dijangkau lensa, jauhi background terang, direkomendasikan fokus di wajah/mata.
  3. rata-rata foto orang ditunaikan bersama dengan nilai f 5.6 karena dianggap bukaan moderate bersama dengan cahaya yg pas, bidang fokus cukup.
  4. untuk memberi nuansa tinggi maka kamera dapat posisi vertikal.
  5. wajah dan mata kudu terang, fokus, kecuali tidak maka seluruh foto dapat hancur.

Saran-saran untuk yang baru saja memulai fotografi:


  1. sering baca-baca dan memperhatikan exif dari foto-foto yang kamu lihat, dan praktekkan. Jangan risau mencoba macem2 setting kamera. Gak dapat meledak kok  J
  2. jika keuangan jadi persoalan maka jangan tingkatkan lensa atau apapun dulu sebelum kamu jelas sudi kemana di fotografi.
  3. saran saya belilah 1 flash external NIKON (SB600, SB700, SB 800, SB900) untuk melengkapi gear anda, hasil foto dapat tidak serupa bersama dengan alat ini.
  4. sering ikut hunting foto, lomba, dan kemana-mana bawa kamera.
  5. selalu mencoba-coba setting kamera supaya kamu jelas kemampuannya.
  6. lensa kit nikon AFS 18-55mm sudah mumpuni untuk kebutuhan fotografi terhadap umumnya. Sekalinya membeli lensa, saya anjurkan membeli  AFS 35mm atau AFS 50mm, atau yang mahal sekalian (diatas idr 4 juta) perumpamaan AFS 70-300 VRII, AFS 16-85mm VRII, AFS Micro 60mm, AFS 10-24mm. Untuk lensa2 diluar itu mengatur budget saja, tabung aja kecuali belum cukup. Tapi kalo nekat membeli lensa karena memenuhi permintaan saja, ya seluruh terserah anda. Pilih lensa yang tersedia motor fokusnya.
  7. Biasanya di fotografi orang dapat belanja lensa untuk dapat exist di komunitasnya, komunitasnya kebetulan senang hunting landscape, maka dapat nekat membeli lensa wide, senang show, candid n street maka nekat membeli tele, senang hunting mikro maka nekat membeli lensa mikro, padahal bisa saja belum tentu itu yang dia senang hehehhe.


Kalau sebetulnya miliki duwit lebih banget, maka membeli lensa nikon yang sudah bergaris EMAS.

Asesoris Non Kamera dan Lensa

Misal kamu senang foto di daerah terik matahari maka filter CPL dapat dicoba.

Kalau kamu senang flash maka diffuser portable dapat dibeli

Selalu miliki batere cadangan, dan SDcard cadangan, format  SDCARD cuma lewat kamera, pastikan buat folder untuk masing2 sesi foto.

Tas kamera menentukan yang tidak merepotkan kamu waktu beraktivitas bersama dengan kamera anda.

Beli silica gel biru secukupnya untuk suatu periode tertentu yang gunanya melindungi supaya hawa dalam daerah menaruh kamera kamu tidak amat lembab

helopedia Updated at: 02.45
close
==Close==