F Cara Tips Membeli Kamera Mirrorless Untuk Pemula | Helopedia.com

Cara Tips Membeli Kamera Mirrorless Untuk Pemula

Cara Membeli Kamera Mirrorless untuk Pemula - Kamera mirrorless memang memiliki daya tarik tersendiri. Bentuknya yang ringkas dan bobotnya yang ringan, menyebabkan para pehobi fotografi mulai melirik model kamera ini.

Apalagi kemampuannya pun tak kalah dari DSLR. Bahkan tersedia yang melebihi sebagian dari DSLR yang tersedia di pasaran.

Keistimewaan yang dimiliki kamera mirrorless apalagi mampu menyebabkan seorang ahli fotografi sekelas Darwis Triadi pun tak tahan untuk mencobanya.

Namun, Anda tidak boleh buru-buru membeli kamera mirrorless ini. Apalagi kalau yang disasar adalah sekelas Sony Alpha A9 yang harganya lebih mahal dari satu buah motor Kawasaki Ninja 250 cc.

Karena itu, baca dan pahami tips-tips tersebut ini supaya Anda tidak keliru membeli dan kecewa maka inilah Cara Tips Membeli Kamera Mirrorless Untuk Pemula.


  • 1. Ketahui Kebutuhan Anda


Poin ini benar-benar perlu untuk Anda pahami. Sebelum membeli, pastikan Anda sudah mengetahui tujuan memiliki kamera mirrorless.

Apakah cuma sekadar untuk memotret aktivitas sehari-hari atau memang memiliki kemauan memperdalam pengetahuan fotografi?

Tujuan ini nantinya dapat memilih model kamera mirrorless yang dibeli. Jika memang Anda inginkan memperdalam dan tingkatkan kapabilitas fotografi, carilah kamera mirrorless dengan kapabilitas middle-end ke atas.

Harganya memang mampu bikin tabungan Anda terkuras habis. Tapi Anda tentu dapat lebih senang dengan pengalaman yang didapat saat mengfungsikan kamera mirrorless tersebut.

Mengapa? Karena kamera mirrorless layaknya ini sudah dilengkapi dengan fitur yang mampu menunjang Anda menjadi fotografer andal.


  • 2. Pilih Kamera Mirrorless dengan Lensa Kit


Jika Anda masih pemula di dunia fotografi tersedia baiknya membeli kamera mirrorless dengan lensa kit.

Setidaknya Anda tidak dapat dibuat bingung melacak lensa yang pas sebagai pasangan bagi kamera mirrorless terbaik yang inginkan dibeli.

Ada beragam ukuran lensa yang di sediakan sebagai bagian dari kamera saat dibeli. Biasanya memiliki cakupan luas layaknya 50-85 atau 50-135.

Lensa ini sudah mampu mencukupi keperluan Anda sebagai seorang pemula.

Berbeda dengan Anda yang sudah lebih mengetahui dunia fotografi. Sebaiknya membeli kamera mirrorless secara body only.

Karena mereka yang sudah bergelut di dunia fotografi kebanyakan sudah memiliki kamera dan lensa yang lain.

Kalaupun tersedia yang mesti dibeli adalah adapter yang harganya jauh lebih murah dari sebuah lensa spesifik mirrorless supaya Anda mampu lebih hemat.


  • 3. Perhatikan Fitur


Ilustrasi fitur kamera mirrorless

Pastikan Anda mengetahui fitur-fitur yang di sediakan kamera mirrorless yang dapat dibeli. Fitur yang mesti Anda kenali adalah:


  1. sensor yang dimiliki
  2. kemampuan shutter speed
  3. kecepatan autofokus
  4. range ISO yang lebar
  5. Sensor yang dimiliki kamera dapat memilih besaran foto yang mampu diambil oleh kamera. Untuk shutter speed sekurang-kurangnya 1/30 yang merupakan batas paling rendah untuk memotret objek bergerak.


Kecepatan autofokus termasuk perlu supaya Anda tidak dibuat kesal dikarenakan kamera tak kunjung terlalu fokus kepada objek foto.

Sementara itu, range ISO yang lebar dapat menunjang Anda mendapatkan gambar yang selalu jernih meski tidak cukup pencahayaan.

Selain fitur wajib, tersedia termasuk sejumlah fitur tambahan layaknya koneksi Wifi, aplikasi, atau LCD yang mampu dilipat.

Semua fitur tambahan ini prinsipnya adalah menunjang Anda didalam mengoperasikan kamera. Tapi mampu diabaikan kalau Anda tidak menggunakannya.


  • 4. Perhatikan Kualitas Video


Seperti halnya kamera DSLR, sebuah kamera mirrorless terbaik pun mesti mampu merekam video dengan mutu tinggi. Setidaknya mampu merekam video dengan resolusi Full HD 1920 x 1080.

Apalagi kami sekarang tengah berada di jaman video blogger (vlogger). Keberadaan kamera mirrorless benar-benar menunjang aktivitas para vlogger. Karena kamera ini lebih mudah dioperasikan dan mudah saat dibawa.

Untuk itu, mutu rekaman video mesti Anda perhatikan. Terutama kemampuannya didalam mendapatkan fokus secara cepat.

Dengan demikian, video yang Anda rekam hasilnya selalu tajam dengan fokus yang akurat.


  • 5. Dapatkan Garansi Resmi


Kamera mirrorless yang Anda membeli mesti dilengkapi dengan kartu garansi. Ini dapat menjadi jaminan bahwa kamera mirrorless yang dibeli bukanlah produk abal-abal.

Tak cuma itu, garansi dapat menunjang Anda termasuk ketika kamera mengalami masalah.

Biasanya garansi diberikan selama satu tahun. Untuk sebagian merek, tersedia yang memberi opsi garansi tambahan dengan membayar didalam kuantitas tertentu.

Pastikan termasuk yang didapat adalah garansi formal dari pabrik, bukan sekadar garansi distributor atau toko.

Dengan demikian, ketika tersedia kasus dan masih berada di jaman garansi, Anda tidak dapat dibuat bingung dikarenakan mesti mengeluarkan dana tambahan untuk memperbaiki kamera yang rusak.


  • 6. Baca Ulasan Online atau Tanya Teman


Pengalaman adalah guru yang terbaik. Tapi tidak mesti dari pengalaman sendiri. Belajar dari pengalaman orang lain termasuk selalu merupakan guru yang  terbaik.

Jadi sebelum akan Anda memutuskan untuk membeli sebuah kamera mirrorless, sebaiknya membaca dulu ulasan (review) produk tersebut yang banyak tersebar di dunia maya.

Jika memungkinkan, bacalah ulasan yang ditulis oleh pemakai, dikarenakan kebanyakan dapat menceritakan apa terdapatnya dari kamera tersebut.

Berbeda dengan ulasan dari produsen yang selalu menceritakan soal berlebihan dari kamera tersebut.

Membaca ulasan atau menanyakan kepada kawan yang memiliki pengalaman Mengenakan kamera yang sejenis dapat memberi Anda uraian yang sama juga soal kamera mirrorless terbaik yang Anda butuhkan.


  • 7. Budget Anda


Last but not least. Pastikan Anda mempersiapkan budget yang cocok dengan harga jual kamera yang diinginkan.

Kalau memang saat ini dana yang terkumpul belum mencukupi, Anda mampu menambahnya dengan menyisihkan dari pendapatan.

Bisa termasuk dengan cara mencicil, layaknya yang banyak di sediakan oleh sejumlah instansi keuangan. Tapi pastikan Anda mampu selalu membayar cicilan pas waktu.

Dengan begitu, Anda tidak terlibat kasus dengan debt collector yang ujungnya mampu menyebabkan Anda mesti menyerahkan kamera mirrorless yang Anda miliki.

helopedia Updated at: 19.32
close
==Close==