F Cara Menyetel Setting Lensa Manual Nikon pada DSLR | Helopedia.com

Cara Menyetel Setting Lensa Manual Nikon pada DSLR

Cara Menyetel Setting Lensa Manual Nikon pada DSLR - Pengguna kamera nikon mungkin udah langsung terbisa bersama gabungan lensa auto (ber CPU) bersama kamera. Umumnya, pengguna belanja lensa DSLR Nikon lengkap bersama lensa yang biasa disebut bersama lensa kit. Pada gabungan lensa auto dan DSLR, komunikasi antara lensa dan kamera nyaris tidak tersedia rintangan mengingat lensa dan kamera udah mengakses secara dijital bersama perangkat eletrik yang terpasang terhadap keduanya. Hal ini menyebabkan kemara secara otomatis langsung tahu besaran aperture dan focal lenght yang lensa waktu dogunakan. Namun, tingginya harga lensa-lensa bawaan nikon memberi tambahan opsi pengguna kamera Nikon terhadap lensa-lensa legendaris bermounting F yang udah tersedia sejak puluhan tahun lalu.

Lensa manual punyai optik yang sangat bagus dan mekanisme kontrol yang sangat baik, tapi belum punyai otak. Lensa ini lantas disebut bersama lensa non-CPU. Bagaimana lensa non CPU berkomunikasi bersama kamera? Pada generasi pertama nikon, komunikasi antara lensa dan kamera ditunaikan gunakan si kuping kelinci. Pada versi pertama (non-AI), kamera, seperti Nikomat punyai jarum yang dijepit terhadap kuping kelinci. Jarum inilah yang memberitahukan kamera nilai aperture lensa terhadap waktu ring diputar atau lensa digunakan.

lensa ai, lensa pre ai
Perbedaan AI dan Non AI salah satunya ditandai bersama dua lapis ring terhadap lensa AI/AIS

Pada versi AI/AI-s, gelang aperture disematkan terhadap buntut lensa. Ring selanjutnya termasuk menempel terhadap sebagian type kamera film maupun DSLR terkini. Gelang aperture yang tersedia terhadap lensa maupun kamera inilah yang membantu keduanya berkomunikasi. Lensa memberi tambahan Info kepada kamera tentang aperture yang sedang digunakan. Bagaimana pun, proses manual inilah yang berlaku untuk komunikasi antara dua alat tersebut.

Pada kamera Nikon DSLR, lensa auto focus (AF) akan langsung dideteksi oleh kamera. Kamera secara otomatis akan tahu focal length (FL) dan aperture. Sementara, kamera DSLR moderen tidak mampu secara otomatis mendapatkan Info lensa terhadap lensa-lensa non CPU. Hal ini mengharuskan pengguna menetel lagi lensa terhadap kamera agar kamera tahu FL terhadap masing-masing lensa yang dicolokkan.

[Untuk tahu detil pertumbuhan lensa Nikon, baca: Perkembangan Lensa Nikon dari Waktu ke Waktu]
Cara Menyetel Lensa Manual Nikon terhadap DSLR
Setelan lensa manual mampu ditemukan di menu “Non-CPU lens data”. Temukan terhadap menu di DSLR Nikon Anda. Pada setelan ini, Anda punyai mampu menaruh 9 type lensa manual agar memudahkan waktu pergantian lensa. Pastikan kamu udah memasukkan data-data lensa yang kamu punyai dan sering digunakan. Saat mengganti lensa, pastikan kamu memnbuka menu ini dan menyesuaikan.

Menu setting lensa manual terhadap kamera Nikon

Dua hal wajib disesuaikan, atau terdapat dua information yang wajib diinput ke dalam kamera, yakni focal length dan bukaan (aperture). Nilai focal length yang wajib dimasukkan adalah nilai maksimal. Sebagai contoh, jika kamu gunakan lensa manual AI-s 100-300mm maka nilai yang kamu masukkan adalah 300. Sementara, terhadap lensa yang punyai 1 nilai focal length kamu memadai memasukkannya langsung, seperti terhadap lensa 50mm, 28mm dan 35mm.

Menu setting lensa manual terhadap kamera Nikon

Nilai aperture yang dimasukkan adalah nilai aperture maksimal terhadap lensa. Jika sebuah lensa punyai 1 nilai aperture maka kamu memadai memasukkan nilai aperture tersebut. Sebagai contoh, jika Anda gunakan lensa 28mm f2.8 maka kamu memasukkan nilai f2.8. Sementara, jika Anda gunakan lensa bersama rentang aperture, maka masukkanlah nilai tertinggi. Sebagai contoh, Anda gunakan lensa 35-70mm bersama f 3.5 -4.5, maka nilai yang kamu masukkan adalah nilai bukaan terbesar: 3.5 (bukan 4.5). Semakin kecil angka bukaan maka jadi besar nilai bukaan yang dimiliki.

helopedia Updated at: 07.45
close
==Close==