F Cara Mudah Cek Sensor Kamera Dslr Bekas Saat Pertama Beli | Helopedia.com

Cara Mudah Cek Sensor Kamera Dslr Bekas Saat Pertama Beli

Sensor merupakan perangkat utama di dalam kamera. perangkat yang mahal kalau berlangsung rusak. sekilas saya ceritakan cara cek sensor kamera dslr. hal ini berdasarkan pengalaman saya sementara beli kamera seken, maklum dulu sempat 2 kali beli kamera seken dgn sensor yang bermasalah. berikut caranya:


  1. memandang lebih-lebih dahulu kemulusan body berasal dari kamera
  2. on kan power kamera, membuka tutup rear cup body kamera
  3. pastikan di dalam mode clean sensor manual, maka shutter dapat terbuka dan sensor dapat terlihat memahami (mode ini terlampau aman untuk memandang sensor secara segera tanpa dapat membakar piksel sensor)
  4. periksa sensor yang terlihat, di bawah sinar terang, jikalau ada jamur maka dapat terlihat seberti bernoda atau berserabut
  5. jika dirasa bersih maka jangan terlanjur puas lebih-lebih dahulu
  6. off kan kamera, lantas on kan kembali (menonaktifkan mode clean sensor manual, sehingga shutter tertutup kembali)
  7. atur speed jadi “Bulb” (mode potret “Manual”), membuka rear cup (tutup body), jepret ke objek yang putih, dapat lampu neon atau tembok (kondisi sinar terang), tekan tombol shutter sedikit lama sehingga menghasilkan gambar putih full screen.
  8. cek hasil gambar, apakah ada noda hitam atau tidak bersama cara di zoom
  9. jika terkandung noda hitam dipastikan itu adalah bintik jamur
  10. jika bersih maka sensor bersih
  11. cara diatas digunakan jikalau menentukan body kamera tanpa menempatkan lensa

Tips Ke 2 yaitu cara cek sensor berasal dari Dead Pixel berasal dari sensor

“Dead Pixel” adalah noda merah atau garis merah terhadap foto akibat fotodioda yang menyusun sensor mengalami kerusakan. umumnya diakibatkan keseringan dipakai bersama mode bulb sehingga material penyusunnya terbakar, terlampau lama terkena sinar yang berlebih. berikut cara mengeceknya:


  1. nyalakan kamera, lantas tutup body bersama rear cup ato dapat  bersama tangan
  2. atur mode potret jadi “Manual”, atur speed 1 detik, diafragma yang terbesar yaitu nilai diafragma yang nilainya terkecil semisal 3.5
  3. tekan tombol shutter sehingga menghasilkan foto hitam penuh
  4. cek hasil foto bersama cara zoom 3-4 kali pembesaran, telusuri setiap daerah foto, jikalau terkandung titik atau garis merah maka dapat dipastikan berlangsung ” dead pixel”
  5. selanjutnya cek apakah dead pixel berlangsung terhadap sensor atau lcd kamera, caranya kalau titik atau garis merah jikalau digeser ikut bergerak maka dead pixel berlangsung terhadap sensor, jikalau diam maka dead pixel berlangsung terhadap lcd kamera
  6. titik atau garis tidak hanya berwarna merah dapat juga berwarna putih

jamur terhadap sensor dapat dibersihkan tapi memakan cost yang tidak murah, jikalau yang terkena bagian luar sensor saja maka dapat dibersikan bersama alat CCD SWAP dan cairan pembersih sensor, tapi kalau jamur tumbuh di di dalam yaitu satu diantara filter dan sensor maka dijalankan pembongkaran keseluruhan sehingga harga cuci sensor dapat jadi lebih mahal. hal ini juga tidak bagus sebab sementara pembongkaran sensor, pelindung sensor (filter) di lepaskan sehingga kalau pemasangannya tidak cukup baik ke sensornya maka dapat berlangsung rongga alias tidak rapat pada filter bersama sensor, hal ini dapat mngakibatkan hawa dapat masuk ke rongga pada filter dan sensor yang sebabkan gampang terjangkit jamur kembali.

atau simak video berikut ini Cara Mudah Cek Sensor Kamera Dslr Bekas Saat Pertama Beli

Terimakasih Cara Mudah Cek Sensor Kamera Dslr Bekas Saat Pertama Beli, semoga bermanfaat

helopedia Updated at: 09.17
close
==Close==