F Cara Setting Kamera DSLR dan Teknik foto untuk Pemula | Helopedia.com

Cara Setting Kamera DSLR dan Teknik foto untuk Pemula

Cara Setting Kamera DSLR dan Teknik foto untuk Pemula - Jadi kamu baru saja membeli kamera “serius”, entah itu kamera DSLR atau Mirrorless, untuk pertama kalinya. Yang paling asyik sih segera dipakai. Namun sesudah itu kamu lihat banyaknya tombol dan roda pemeriksaan yang ada lalu mulai bingung bagaimana dengan setting kamera baru anda.

Dalam artikel ini, kami dapat membahas dan merekomendasikan beberapa setting kamera DSLR/Mirrorless  basic yang dapat memudahkan anda.

1. Kartu Memori
Segera sehabis kamu terhubung kemasan, masukkan kartu memori ke kamera DSLR/Mirrorless anda. Format kartu memori berikut supaya bekerja secara cocok dengan manajemen file yang ditentukan oleh tiap-tiap kamera.

Slot kartu memori nikon
Masuklah ke menu utama kamera, sesudah itu cari perintah format. Di Nikon D5500 misalnya, kamu masuk ke Menu >> Setup Menu >> Format. Sementara di Fuji X-E2 plus pencet Menu OK >> tukar ke bawah di Setup Menu 3 >> Format.

2. Tentukan Ukuran Dan Kualitas Gambar
Karena kamera kamu saat ini memadai “serius”, ada baiknya mengfungsikan sebaik-baiknya untuk menghasilkan foto dengan kualitas paling baik yang ada. Gunakan format JPEG dengan kualitas tertinggi (Extra Fine atau Highest Quality) dengan ukuran file Large.

Canon 100d menu qual
Jika tertarik dengan format RAW yang menaruh Info foto yang lebih banyak, kamu terhitung mampu menggunakannya. Pastikan kamu paham beda antara file foto dengan format JPEG vs RAW. Saat kenakan format RAW, pastikan pc kamu punyai perangkat lunak dan spesifikasi yang memenuhi untuk membaca dan konversi RAW ke format standar.

3. ISO
Setelan ISO di kamera menentukan berapa banyak cahaya duwit dibutuhkan kamera untuk mengolah foto.

ISO tinggi seperti 6400 berguna selagi kamu memotret di daerah dengan cahaya yang remang tapi beresiko menghasilkan foto dengan bintik/noise. Sementara ISO rendah seperti 100 atau 200 menghasilkan foto tanpa noise yang lebih jernih dan dengan kualitas paling baik tapi menyebabkan foto rentan blur selagi kamu memotret di didalam ruangan.

Untuk tahap awal penggunaan, setelan ISO paling baik yang mampu kamu menentukan adalah Auto.

4. White Balance
Dial nikon d800
Setelan white balance kamera pengaruhi akurasi warna foto. Sebagaimana di bahas didalam artikel perihal white balance ini, warna kulit atau warna pakaian barangkali dapat kelihatan aneh selagi kamera mengfungsikan white balance yang tidak pas.

Untungnya, kamera selagi ini telah terlalu canggih supaya jarang meleset. Gunakan setelan auto white balance sebagai awalan sembari bereksperimen dengan setelan white balance yang lain.

5. Metering
Setelan metering menentukan bagaimana kamera mengukur cahaya yang dipantulkan objek lalu bagaimana mereka menghasilkan paduan shutter speed dan bukaan lensa yang sesuai hasil pengukuran tadi.

Di saa-saat awal mengfungsikan kamera DSLR/Mirrorless baru anda, pergunakan mode metering Evaluative (Canon) atau Matrik (Nikon). Sesuai penambahan jam terbang dengan kamera anda, mulailah mengfungsikan mode metering yang lain sesuai keadaan pemotretan dan objek yang kamu foto: center weighted, spot dan lainnya.

Pilihan-pilihan mode metering mampu kamu pahami lebih rinci didalam artikel Memahami Mode Metering Kamera DSLR.

6. Fokus
Lensa di kamera yang kamu mengfungsikan mampu secara otomatis melacak fokus dengan mengfungsikan proses autofokus kamera atau secara manual dengan memutar cincin fokus di lensa.

Di tahap awal ini, mengfungsikan proses autofokus (AF) kamera dan mengfungsikan mode Single AF (One Shot AF atau Single Area AF). Dalam mode ini, lensa dapat mengunci fokus pada satu titik yang telah kamu menentukan selagi kamu memencet tombol shutter separuh. Gunakan titik sedang fokus dan mulailah berlatih supaya tangan kamu lincah mengubah-ubah titik fokus.

Panel lcd
Pilihan mode AF yang lain sekiranya AI-Servo atau AF-C mampu kamu mengfungsikan selagi kamu dapat memotret anak yang tetap berlarian. Pembahasan perihal mode autofokus mampu kamu baca di sini.

7. Drive Mode
Drive mode kamera menentukan kecepatan kamera didalam menyita eksposure. Mode Single Shot sesuai dipakai didalam mayoritas keadaan pemotretan dan objek foto sehari-hari. Set kamera di mode ini selagi kamu pertama menggunakannya. Dalam mode ini, tiap-tiap kali kami memencet penuh tombol shutter, kamera dapat menyebabkan foto.

Mode lain yang ada adalah Continuous Mode, berguna selagi memotret objek bergerak. Kamera dapat tetap menerus menyebabkan foto begitu kami memencet penuh tombol shutter, mode berondongan kata para fotografer senior. Ada terhitung mode Delay atau Remote yang mampu dipakai didalam keadaan lain. Baca lebih jauh perihal Drive Mode di artikel ini.

8. Mode Eksposure
Ada dua mode yang memadai bersahabat untuk pemilik kamera baru: Mode Auto, Scene dan Mode Program. Dalam kedua mode ini, kamera menentukan semua atau beberapa besar setelan kamera supaya kamu mampu berfokus menyita gambar.

Sayangnya selagi kamera berada didalam kedua mode tersebut, banyak parameter yang di matikan kamera. Di hari pertama, sah-sah saja kamu mengfungsikan tidak benar satu dari 3 mode tersebut.

Selanjutnya, mulailah mengfungsikan Aperture Priority maupun Shutter Priority. Dan silakan terhitung mulai bereksperimen dengan mode Manual. Baca lagi perihal Mode Ekpsoure Kamera.

9. Bagaimana Agar Hasil Foto Tajam ?
Salah satu pertanyaan terbanyak yang masuk ke halaman kontak adalah kenapa foto yang dihasilkan senantiasa blur, tidak tajam. Pastikan kamu membaca 20 Trik Agar Foto Tajam dan paham 5 Penyebab Foto Kenapa Foto Belum Tajam.

10 Teknik dan Cara Menggunakan Kamera DSLR Canon Bagi Newbie Kehadiran kamera DSLR tentu saja mendukung para penggemar fotografi untuk menyita gambar dengan hasil yang lebih detil. kreatif, dan lebih tajam. Jenis kamera DSLR ada dengan tawarkan banyak fitur dan inovasi terbaru. Bagi fotografer pemula, terkadang butuh sedikit adaptasi karena mulanya terbiasa mengfungsikan smartphone atau kamera saku untuk menyalurkan hobi mereka.

Untuk itu, penting sekali Info langkah mengfungsikan kamera profesional ini supaya hasil fotonya lebih sempurna. Setiap brand kamera DSLR punyai langkah penggunaan tersendiri. Kali ini dapat dibahas bagaimana langkah mengfungsikan kamera DSLR Canon untuk pemula.

Cara Menggunakan Kamera DSLR

Kebanyakan pemula bingung melaksanakan pengaturan DSLR karena belum terbiasa atau tidak mengetahui. Berikut adalah langkah menyesuaikan kamera DSLR untuk pemula yang mudah untuk diikuti.

1. Kenali tombol-tombol pada kamera DSLR
Cara Menggunakan Kamera DSLR

Saat kamu pertama kali kenakan kamera DSLR, tentu merasakan ada perbedaan kalau dibandingkan kenakan kamera pocket. Kamera DSLR ini tawarkan lebih banyak fitur dan tombol daripada kamera saku. Kamu kudu mempelajari semua ikon tombol didalam kamera DSLR supaya kamu mampu kenakan kamera berikut secara maksimal.

Di tiap-tiap tipe atau tipe kamera kebanyakan dapat ada tombol pengaturan yang sedikit berbeda. Jadi jangan malas untuk membaca manual book yang tersedia. Kamu kudu paham dimana tombol pengaturan ISO, White Balance, dan Autofocus.

2. Mode shutter dan aperture
Cara Menggunakan Kamera DSLR

Cara mengfungsikan kamera DSLR yang kudu diketahui fotografer pemula mampu di awali dari pemahaman perihal mode shutter dan aperture. Karena kedua mode ini terlalu penting pada kamera digital. Pemakaian mode shutter dan aperture ini membuatmu lebih mudah memotret. Kamu terhitung mampu mengfungsikan manual mode yang berguna untuk memunculkan setting aperture maupun shutter yang bervariasi. Akan tapi bagi pemula sebaiknya jangan terlalu mengandalkan mode manual.

3. Kenali penggunaan White Balance
teknik foto

Persoalan yang sering dijumpai para pengguna kamera digital newbie yaitu memotret dengan cermat warna gambar tidak cukup tepat. Karena itulah kamu kudu mengenal white balance terlebih dulu supaya kamera mampu memotret objek dengan warna yang menyesuaikan kondisi. Jangan hingga kamu memotret objek yang selayaknya berwarna biru, tapi hasil fotonya justru jadi warna lain.

4. Kenali penggunaan Histogram
teknik kamera digital

Cara mengfungsikan kamera DSLR ini paling penting bagi para newbie, karena komponen histogram sendiri merupakan komponen paling vital. Lewat penggunana histogram, kamu mampu paham bagaimana hasil gambar objek jadi lebih detail.

5. Memahami fitur Automatic Exposure Bracketing
mengatur kamera dslr

Fitur yang satu ini sebetulnya jarang dipakai, tapi beberapa kamera yang punyai fitur ini mampu mendukung fotografer pemula supaya mampu memotret objek dengan prima meskipun didalam keadaan pencahayaan yang terang.

6. Melepas shutter

Cara mengfungsikan kamera DSLR bagi pemula ini terhitung tak kalah penting. Tombol shutter yang terdapat pada kamera DSLR tak mampu digunakan sembarangan. Kamu kudu paham bagaimana langkah membebaskan shutter. Tak jarang menekan beberapa shutter justru mampu menyebabkan fokus pada lensa. Untuk itu, kamu kudu mampu memperkirakan kapan shutter mampu dilepas.

Baca Juga: Pengen Jago Fotografi ? Belajar Fotografi dari Channel Youtube Ini Aja

7. Mengunci fokus
kamera digital

Mengunci fokus merupakan tidak benar satu tehnik yang kudu dipelajari oleh fotografer pemula. Kamu kudu mampu meraih focal length yang pas supaya gambar pun jadi lebih fokus, entah itu untuk background maupun subjek. Jika kau tidak benar melaksanakan penguncian fokus ini, mampu jadi hasil fotomu dapat ngeblur.

8. Menampilkan subjek dengan jelas
kamera digital

Sebuah gambar kudu mampu menyebabkan subjek yang jelas. Dengan begitu, dikala memotret, kamu kudu mencermati aperture, pencahayaan maupun komponen yang lainnya. Lewat pengaturan yang pas, maka bentuk subjek pun kelihatan lebih mendalam dan lebih jelas.

9. Memakai flash kamera
menggunakan kamera digital

Untuk para pengguuna yang masih awam, kenakan flash kamera terkesan sepele. Justru kenakan flash kamera ini mampu menambahkan kesan yang mendalam untuk sebuah foto. Kamu mampu memainkan pencahayaan supaya subjek nampak jelas. Akan tetapi, kalau kamu tidak benar kenakan flash ini maka hasil foto pun dapat nampak terlalu terang.

10. Ketahui Depth of Field pada foto
pengaturan kamera digital

Cara mengfungsikan kamera DSLR yang benar bagi pemula yaitu dengan mengenal depth of field pada sebuah foto. Kamu mampu menciptakan depth of field melalui pengaturan kedalaman background. Selain itu, kamu mampu menciptakan background nampak blur supaya subjek makin lama nampak menonjol.

helopedia Updated at: 09.03
close
==Close==