F Memahami Perbedaan File RAW dan JPEG terhadap Kamera | Helopedia.com

Memahami Perbedaan File RAW dan JPEG terhadap Kamera

Memahami File RAW dan JPEG terhadap Kamera - Pada kamera saku tingkat lanjut (Prosumer) dan kamera DSLR terdapat sebagian pilihan format file gambar yang biasa digunakan yaitu RAW dan JPEG. Pemilihan tipe file yang tepat benar-benar penting dijalankan sebelum akan mengambil gambar sebab akan merubah mutu gambar yang diinginkan selama sistem pengolahan.

Pemilihan tipe file gambar terhadap kamera DSLR

RAW
File RAW artinya file dengan information mentah yang memiliki kandungan Info bagaimana suatu gambar disita seperti pas dan tanggal pengambilan, nilai eksposure, tipe kamera dan lensa, dll, Info ini dikenal termasuk sebagai Metadata. Intinya file RAW adalah format asli yang merupakan perwujudan original berasal dari hasil kerja Sensor gambar digital. File RAW mempunyai ekstensi file yang berbeda-beda untuk tiap-tiap kamera seperti CRW untuk Canon EOS, NEF untuk Nikon, ARW untuk Sony dan ORF untuk Olympus. Karena biasanya aplikasi fotografi tidak diproses di dalam file RAW maka file RAW perlu dikonversikan lebih-lebih dahulu ke di dalam format yang umum seperti JPEG atau TIFF sebelum akan gambar selanjutnya digunakan di dalam software pemrosesan gambar (image processing).


Step by tahap format RAW

Kenapa perlu shooting dengan file RAW?
Ada banyak alasan untuk mengambil gambar dengan file RAW dibandingkan dengan file JPEG, akan tapi penting untuk diingat bahwa gambar dengan file RAW butuh pekerjaan tambahan untuk menyesuaikan keseimbangan warna yang diinginkan namun file JPEG keseimbangan warna nya udah diatur oleh kamera itu sendiri.

Beberapa keuntungan kecuali shooting gambar dengan format file RAW:
- Dapat mengontrol White Balance, pengaturan warna dan koreksi gamma sesudah sistem pengambilan gambar sehingga opsi untuk pemgolahan gambar lebih banyak.
- File RAW tidak mengalami kompresi sehingga tidak tersedia information gambar yang hilang dan mutu gambar lebih bagus.
- File RAW dapat mengontrol pengurangan noise dan mengontrol ketajaman sesudah pengambilan gambar namun untuk file JPEG pengurangan noise dan ketajaman gambar udah permanen terkait berasal dari setting kamera terhadap pas mengambil gambar.
- Format RAW diasumsikan sebagai negatif film yang digital sehingga memungkin untuk berkreasi lebih besar di dalam pengaturan gambar yang diinginkan.

Kerugian memakai format file RAW:

- Karena file nya tidak mengalami kompresi maka ukuran file nya lebih besar sehingga butuh kapasitas memory card yang lebih besar, biasanya ukuran file RAW lebih berasal dari 2 kali ukuran file JPEG.
- Banyak memakan pas selama pemotretan (mengurangi kecepatan kamera).
- Butuh kerja tambahan dan pas tambahan untuk pengolahan gambar sebab pengolahan gambar tidak dijalankan oleh kamera.
- Butuh software tertentu sehingga file nya dapat dibaca.

JPEG (Joint Photographic Experts Group)
JPEG adalah format file gambar terkenal yang terlalu mungkin seseorang membuahkan gambar dengan tingkat kompresi yang tinggi. Ketika mengambil gambar dengan format JPEG, kamera akan membuat perubahan file RAW melalui software yang tersedia di dalam kamera menjadi file JPEG 8-bit warna lantas disimpan di memory card. Selama sistem ini berjalan kamera akan meng-kompres gambar sehingga memicu sebagian information akan hilang, oleh sebab itu ukuran file JPEG akan lebih kecil dibandingkan dengan file RAW.

Step by tahap format JPEG

Keuntungan shooting dengan format file JPEG:
- Format JPEG dapat dibaca oleh program apa-pun yang tersedia di pasaran.
- Ukuran file nya lebih kecil sehingga tidak banyak memakan memory card.
- File nya dapat langsung di cetak tanpa butuh pas tambahan untuk pengolahan gambar.

Kerugian shooting dengan format file JPEG:
- Beberapa information akan hilang sebab file nya di kompresi.
- Tidak banyak ruang untuk pengolahan gambar kecuali dibandingkan dengan RAW.
- Noise dan ketajaman gambar permanen terkait terhadap pengaturan di kamera sehingga tidak dapat di kontrol.

So, format file mana yang Anda pilih?
- Jika kapasitas memory card Anda sedikitnya 4GB dan menginginkan mengambil gambar pas momen istimewa, pilihlah format RAW.
- Jika kapasitas memory card Anda pas-pasan dan cuma untuk mengambil momen yang biasa saja, pilihlah format JPEG.
- Untuk jalur tengahnya kecuali Anda punya kapasitas memory card yang besar, format RAW + JPEG (kamera akan menyimpan ke dua format sekaligus).

helopedia Updated at: 18.05
close
==Close==