F Cara Mudah Merawat dan Membersihkan Lensa Kamera DSLR agar Tidak Jamuran | Helopedia.com

Cara Mudah Merawat dan Membersihkan Lensa Kamera DSLR agar Tidak Jamuran

Cara Mudah Merawat dan Membersihkan Lensa Kamera DSLR agar Tidak Jamuran - Cara Merawat Lensa Kamera Agar Tidak Jamuran. Bagi semua pemilik kamera pastinya jamuran pada lensa kamera ialah hal yang sangat merepotkan dan barangkali akan mengeluarkan ongkos lebih guna menghilagnkannya. Nah pada peluang kali ini saya kan membagikan sejumlah tips untuk kita seluruh untuk mengayomi kamera kesayangan anda dari yang namanya jamur

Seperti yang tidak jarang kita jumpai pada elemen-elemen yang tercipta dari kaca, bakal nampak laksana bercak atau kotoran yang serupa jamur baik ukuran kecil maupun ukuran besar bahkan terdapat yang serupa kabut andai keadaan sudah paling parah. Dan berikut yang tidak anda sukai andai menghinggapi kamera kita.

Apasih akibat dari jamur ini? Tentunya gambar yang anda hasilkan kualitasnya bakal menurun laksana gambar blur dan saat mengincar gambar anda akan merasakan susah fokus. Kebanyakan penyebab jamuran pada lensa kamera ini karena hal pemakaian dan perawatan yang salah. Sebuah lensa ibarat suatu mata dari suatu kamera, dan ini ialah salah satu unsur fital dari kamera yang mesti benar-benar anda perhatikan. Agar kamera anda masih bekerja secara maksimal maka anda harus benar-benar menyimak dalam hal pemakaian maupun perawatannya.

Berikut sejumlah tips merawata kamera kita supaya tidak merasakan jamuran :

1. JAGA KEBERSIHAN
Nah ini ialah hal yang tidak jarang sekali anda abaikan, terkadang anda seenaknya saja menggunakan kamera anda di sembarang lokasi yang barangkali tempat tersebut tidak sedikit debu-debu yang sdang beterbangan. Apalagi kejadian ini terluang berkali-kali, tentunya urusan ini akan menciptakan kamera anda lebih mempunyai resiko terkena jamur pada lensanya. Kita mesti benar-benar mengkondisikan lingkungan sekitar anda sebelum menggunkan/ memungut gambar dengan kamera kita.

2. DRY BOX
Cara kedua ini pastinya agak megeluarkan sedikit ongkos tambahan, yaitu memakai dry box. Dry box ialah kotak yang di khusukan guna menyimpan perlengkapan optik laksana lensa dan body kamera pastinya dengan suhu yang sudah ditata sesuai standar yang ditentukan supaya perangkat tetap terjaga.

3. BERSIHKAN BODY SECARA RUTIN
Dari tips-tips dari rekan saya, saya mebersihkan body kamera dengan minyak kayu putih. Kenapa menggunakan minyak kayu putih? Karena bahan itu lebih cepat mengering sebab mempunyai kandungan air yang sedikit. Tetapi guna lebih aman kamu bisa melakukan pembelian cairan pembersih kamera yang telah tersedia toko-toko kamera terdekat anda. Jangan lupa pakai kain yang halus supaya tidak merusak bodi kamera kita. Di samping kandungan air yang tidak banyak Minyak Kayu Putih pun dapat mengusung kotoran-kotoran yang lengket pada bahan plastik tergolong bahan karet pada ring zoom dan ring konsentrasi yang ada pada lensa kamera kita.

Dan jangan pakai bahan itu untuk mencuci lensa/optik maupun mengenainya sedikitpun (Hanya untuk mencuci bodi kamera saja).

4. CAPS LENSA
Jangan lupa tidak jarang kali tutup lensa kamera anda dengan caps penutup selagi kamera anda tidak dipakai (baik ketika dalam penyimpanan maupun dalam kondisi pekerjaan pemtrotretan).

5. PASANG FILTER
Bagi anda yang menyenangi fotografi yang mengedapankan kecepatan seperti arsip lapangan, sepak bola, dll maka dianjurkan untuk memakai filter diujung lensa dari kamera kita. Bagi jenis filternya sendiri dapat anda sesuaikan dengan keperluan kita. Namun banyak sekali para fotografer memakai filter UV yang mempunyai sifat netral. Di samping dapat menyerahkan efek tertentu, filter ini pun dapat melinndungi optik lensa anda dari debu dan benturan dari benda-benda yang tidak anda harapnkan.

6. BERSIHKAN OPTIK
Hendaklah anda selau rutin mencuci optik lensa anda dengan menggunkan kain yang halus atau pembersih kusus guna lensa. Jangan mencuci optik lensa dengan memakai tisu, sebab tisu memilik tekstur yang kasar dan ingin akan menyerahkan goresan pada optik lensa kita. Apalai kaos yang sedang anda kenakan, terkadang andai kita telah berada di lapangan anda malas sekali guna berhenti sejenak dan mencuci optik lensa anda dengan layak. Kita melulu reflek membersihkannya dengan kain kaos yang sedang anda kenakan. Ini melulu akan memperburuk kualitas dari lensa kita andai kita terlalu tidak jarang memperlakukannya laksana ini.

7. HINDARI KONTAK LANGSUNG
Nah inilah urusan yang sangat rawan menjadi bibit jamur di lensa kamera kita. Hindari kontak/sentuhan langsung ke unsur optik lensa dengan jari atau tangan kita. Hal ini paling penting sebab bagian tubuh kita ingin basah dan lembab, tentunya andai kita pakai untuk mneyntuh optik maka bakal meninggalkan bekas/noda. Dan bila tidak dipedulikan terlalu lama maka noda itu akan menjadi cikal akan tumbuhnnya jamur di lensa kamera kita.

8. HINDARI PERGANTIAN SUHU EXSTRIM
Usahakan andai kita tidak jarang menjalani kegiatan fotografi yang menuntut peralihan tempat yang bersuhu bertolak belakang secara signifikan seperti ketika kita berada di daratan yang bersuhu panas dan anda akan mengerjakan pemotretan di gunung maka suhu pun bakal berubah dengan paling cepatnya. Disarankan kita memakai DRY BOX untuk membawa kamera kita sebab hal ini akan menangkal kamera anda dari kelembaban udara secara berlebihan. Karena situasi udara yang lembab bakal dapat dengan mudah memunculkan jamur pada optik lensa kamera kita.

Nah itulah sejumlah teknik merawat lensa kamera kita supaya tidak jamuran. Hal terpenting ialah perhatikan selalu teknik pemakaian dan perawatan kamera kita supaya kualitas gambar yang didapatkan kamera anda akan tetap tidak jarang kali terjaga. Semoga tulisan yang saya bikin ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

helopedia Updated at: 08.45
close
==Close==